Jumat, 22 April 2011

RANGKUMAN bab 4

perkembangan peserta didik. Prodi Matematika 



1.Yang dikatakan pertumbuhan fisik adalah, perubahan fisik secara primer, tidak hanya menyangkut  bertambahnya ukuran,  dan berubahnya propursi tubuh,  namun juga meliputi perubahan ciri kelamin yang terdapat pada manusia, perubahan itu  terjadi secara berurutan.
2.Untuk remaja perubahan terdapat pada kelenjar  pituitry dan kelenjar hypothalmus, keduanya menyebabkan aktifitas tubuh bergerak mulai dari ukuran dan rangsangan lainnya.
1.Pertumbuhan fisik remaja ditandai dengan :
a.Perubahan ukuran, selama masa remaja akan  bertambah  25 %, untuk berat badan bertambah  200 % atau dua kali lipat.
b. proporsi tubuh kurang proporsional.
c. kematangan alat kelamin, laki bermimpi, pr datang tamu bulanan.
d.Untuk PR terjadi perubahan pada pinggung, menjadi lebar, laki laki tumbuh kumis, jenggot dan jakun terlihat.
2. Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan fisik :
a.Keluarga, keturunan, lingkungan.
b.Gizi menyangkut  ekonomi keluarga.
c.Emosional,  akibat gangguan emosional saat perkembangan.
d.Faktor jenis kelamin.
e.Kesehatan.

Pertumbuhan fisik  mempengaruhi perkembangan tingka laku,  misalnya canggung dalam menyesuaikan diri, isolasi diri,  emosional, gelisa, cepat tersinggung, melawan kewenangan.

Remaja yang memperhatikan teman atau kelompok  sebaya,  perlu mendapat perhatian  dari para pendidik, dorongan belajar kelompok, kegiatan ekstra dll, agar kegiatan terarah.  



1.Intelek adalah kecakapan mental yang menggambarkan kemampuan berfikir. Banyak defenisi tentang intelegensia,  dapat dapat diartikan sebagai kemampuan seseorang dalam berfikir dan bertindak.
2. Test inteleginsia yang terkenal dibuat oleh Binet-Simon, hasil tes digambarkan dalam bentuk IQ dengan rumusan  IQ = MA/CA x 100. gunanya agar tingkat intelek manusia dapat diketahui, demi aspk masa depan anak manusia.
3.Kemampuan berfikir berpengaruh pada tingka laku, orang yang kemampuan berfikirnya tinggi, akan terlihat cekatan, cepat dalam bertindak, terutama dalam menghadapi masalah. Orang yang IQ renda pasti akan tergantuuuuuuuuuungngng …. Tidak mandiri.   



1.Ciri remaja  intelek  apabila :
a.Berfikir  operasional formal.
b.Berfikir deduktif dan hepotisis.
c.Berfikir kombinator.
2.Faktor yang mempengaruhi Inteleginsia :
a.Pengalaman ,belajar
b.Latihan dan lingkungan.
c.Kondisi keluarga.
Dari itu dalam pendidikan sebaiknya dilakukan pengelompokan,  sesuai dengan intelegensia individu, anak ideot jangan dicampur dengan anak cerdas, dll.  


1.Perkembangan sosial. Perkembangan ini terjadi akibat dari kebutuhan hidup, remaja mulai memperhatikan  sistem tata pergaulan di tengah masyarakat.
2.Pemahaman itu dibutuhkan norma yang mengatur tata nilai pergaulan.
3.Perkembangan sosial remaja dipengaruhi oleh
a.Kondisi keluarga,
b.Kematangan anak.
c.Status sosial ekonomi keluarga.
d.Pendidikan dan mental (emosi dan intelek)


1.Proses penyesuaian diri  berpengaruh pada tingka  laku, dan ini disebut hubungan sosial remaja.
2.Kita temukan remaja keras, remaja mengesolasi diri, remaja egois dsb.
3.Bhs adalah alat untuk bermasyarakat, perkembangan bahasa dipengaruhi oleh :
a.Usia anak.
b.Kondisi keluarga.
c.Tingkat kecerdasan.
d.Status sosial dan ekonomi.
e. kondisi fisik.
f.Kesehatan.


1.Bakat adalah aspek yang harus  menjadi perhatian. Pertumbuhan dan perkembangan  individu dapat dibantu melalui bakat. BAKAT  adalah sipat atau kemampuan potensi yang dimiliki seseorang dan bisa berkembang dengan baik jika
a.Mendapat rangsangan yang tepat.
b.Faktor dari dalam diri anak.
c.Faktor keluarga.
2.Tidak samanya bakat manusia, akibat dari  kondisi individu yang berbeda, lingkungan yang berbeda pula.
3 .Cara lain dalam pengembangan intlek adalah, diskusi, sandiwara, rekreasi, penemuan dan penelitian,  latihan pemecahan masalah,  belajar kelompok.
4.Bakat husus  dapat dikembangkan bila, ada rangsangan, ada motivasi, serta lingkungan yang kondusif.


Jawablah soal berikut ini :
1.Untuk apa dilakukan test Intelegensia. ?
2. Faktor apa saja yang membuat tingkat intelek manusia tidak sama ?
  3. jelaskan kesulitan remaja dalam rangka penyesuaian diri ditengah masyarakat ?  Mengapa remaja membuat kelompok atau gang ?
4. Jelaskan korelasi kemampuan berbahasa dan perkembangan intelek ?
  mat latihan yo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar