PENGERTIAN BAKAT HUSUS.
1.Menurut william B michail, bakat husus adalah kemampuan individu menyelesaikan tugas, dan sebelumnya tidak ada pelatihan.
2.Menurut Bingham, seperangkat sipat yang dianggab sebagai tanda kemampuan individu untuk menerima latihan, misalnya, misalnya respon berbahasa, musik dsb.
3.Menurut Guilford ada tiga demensi bakat :
a.Demensi perseptual, Kepekaan Indra, Perhatian, Orentasi Waktu, Luasnya daerah persepsi, Kecepatan Persepsi.
b.Deminsi Psikomotor , kekuatan, kecepatan gerak, ketelitian,koordinasi, luwes atau flexibel.
c. Demensi Intelektual, faktor ingatan mengenali, ingatan terhadap informasi, golongan, hubungan, bentuk dan kesimpulan.
1. FAKTOR EVALUATIF. Identitas, relasi, sistem, problem.
2. FAKTOR BERFIKIR KONVERGEN, nama,nama, hubungan2, sistem 2,tranformasi, implikasi
3 faktor berfikir DIVERGEN, MENGHASILKAN UNIT, PENGALIHAN SECARA SPONTAN, KELANCARAN MENGHASILKAN HUBUNGAN. DLL.
Jika demikian maka, bakat husus, adalah kemampuan seseorang memperoleh pengetahuan atau keterampilan, atau talenta seseorang (conny semiawan 1987 :2)
FAKTOR YANG MEMPENGARUHI BAKAT Husus.:
1.Anak kurang brminat.
2.Lingkungan yang tidak mendukung.
Masalah bakat, setiap individu tidak sama, tergantung jenis dan kualitas, contoh anak intlek dia hanya punya bakat menonjol dalam belajar. Ada anak biasa, tapi unggul dalam berfikir, kreatif bahkan produktif.
Sebaiknya orang tu atau guru, mampu mengenai bakat husus sang anak, guna memahami karakter anak, untuk dikembangkan , anak yang punya bakat husus perlu dibantu dan dirangsang, agar bakat tumbuh dan bermanfaat
1.KONDISI YANG dapat MEMUPUK BAKAT.
A.Pendidik menerima anak apa adanya.
●
B.Pendidik mengusahakan suasana dimana anak tidak merasa dinilai atau ditekan.
●
C.Pendidik dapat memberikan pengertian, memahami tingka laku, fikiran, perasaan sang anak.
●
Orang tua dan guru memberikan kebebasan, dalam mengungkapkan perasaan. Sehingga kita dapat menarik kesimpulan, anak tersebut punya bakat husus dan dapat dikembangkanManusia tumbuh dalam lingkungan, bentuk lingkungan itu ada dua :
1 .lingkungan fisik.
2. Lingkungan sosial. Lingkungan ini banyak memberikan andil dalam pembentukan watak, aspek kehidupan.
FAKTOR PENGARUH PERKEMBANGAN SOSIAL
1.KELUARGA.
2.KEMATANGAN.
3.STATUS SOSIAL DAN EKONOMI.
4. TINGKAT PENDIDIKAN.
5. KEMAMPUAN MENTAL,EMOSI DAN INTLEK.
1. Perkembangan bahasa.
a.Pada bayi bahasa yang digunakan, meraba, suara atau bunyi tanpa arti, berkembang anak akan meniru dan mengulang, kemudian bertanya dan berucap, alat bahasa, bicara, tulis atau isarat.
b.Pada remaja, bahasa disesuaikan dengan pergaulan sebaya, namun pengaruh bahasa dirumah, memainkan peran penting, sehingga akan sangat mementukan bentuk dan cara berucap.
FAKTOR YANG MEMPENGARUHI BHS.
1 umur, semakin matang jiwa seseorang , bahasa akan menjadi baik, sejalan dngan pengalaman.
2.Lingkungan.
3. Kecerdasan.
4. Statussosial ekonomi, karena bahasa berasal dari lingkungan, maka sistem meniru lingkungan berpengaruh pada cara berbahasa.
5. Kondisi fisik. Anak yang cacat alat komunikasi, akan sangat mengganggu perkembangan dalam berbahasa atau berkomunikasi.
Karena bahasa adalah kekayaan lingkungan, maka proses meniru menimbulkan pengayaan dalam bahasa, bahasa juga sangat dipengaruhi oleh tingkat kecerdasan. Dan pengulangan.
Cara pengembangan bahasa di pendidikan.
1. Dilakukan pengulangan, contoh menceritakan kembali pelajaran yang lalu, dimasikkan unsur bahasa yang digunakan anak didik, agar dimengerti , difahami oleh eserta didik.
2. Guru berupaya menambah perbendaharaan bahasa anak didik, , bahasa lingkungan dipilih secara baik dan apik, sehingga pelajaran, akan mampu disusun lagi oleh siswa secara baik dan benar, hal ini dapat dilakukan dalam bentuk cerita tutur, dengan anekdot yang mengandung nilai moral dan mendidik.
oke jadilah dulu yo
sampai jumpo minggu depan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar