Jumat, 22 April 2011

RANGKUMAN bab 4

perkembangan peserta didik. Prodi Matematika 



1.Yang dikatakan pertumbuhan fisik adalah, perubahan fisik secara primer, tidak hanya menyangkut  bertambahnya ukuran,  dan berubahnya propursi tubuh,  namun juga meliputi perubahan ciri kelamin yang terdapat pada manusia, perubahan itu  terjadi secara berurutan.
2.Untuk remaja perubahan terdapat pada kelenjar  pituitry dan kelenjar hypothalmus, keduanya menyebabkan aktifitas tubuh bergerak mulai dari ukuran dan rangsangan lainnya.
1.Pertumbuhan fisik remaja ditandai dengan :
a.Perubahan ukuran, selama masa remaja akan  bertambah  25 %, untuk berat badan bertambah  200 % atau dua kali lipat.
b. proporsi tubuh kurang proporsional.
c. kematangan alat kelamin, laki bermimpi, pr datang tamu bulanan.
d.Untuk PR terjadi perubahan pada pinggung, menjadi lebar, laki laki tumbuh kumis, jenggot dan jakun terlihat.
2. Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan fisik :
a.Keluarga, keturunan, lingkungan.
b.Gizi menyangkut  ekonomi keluarga.
c.Emosional,  akibat gangguan emosional saat perkembangan.
d.Faktor jenis kelamin.
e.Kesehatan.

Pertumbuhan fisik  mempengaruhi perkembangan tingka laku,  misalnya canggung dalam menyesuaikan diri, isolasi diri,  emosional, gelisa, cepat tersinggung, melawan kewenangan.

Remaja yang memperhatikan teman atau kelompok  sebaya,  perlu mendapat perhatian  dari para pendidik, dorongan belajar kelompok, kegiatan ekstra dll, agar kegiatan terarah.  



1.Intelek adalah kecakapan mental yang menggambarkan kemampuan berfikir. Banyak defenisi tentang intelegensia,  dapat dapat diartikan sebagai kemampuan seseorang dalam berfikir dan bertindak.
2. Test inteleginsia yang terkenal dibuat oleh Binet-Simon, hasil tes digambarkan dalam bentuk IQ dengan rumusan  IQ = MA/CA x 100. gunanya agar tingkat intelek manusia dapat diketahui, demi aspk masa depan anak manusia.
3.Kemampuan berfikir berpengaruh pada tingka laku, orang yang kemampuan berfikirnya tinggi, akan terlihat cekatan, cepat dalam bertindak, terutama dalam menghadapi masalah. Orang yang IQ renda pasti akan tergantuuuuuuuuuungngng …. Tidak mandiri.   



1.Ciri remaja  intelek  apabila :
a.Berfikir  operasional formal.
b.Berfikir deduktif dan hepotisis.
c.Berfikir kombinator.
2.Faktor yang mempengaruhi Inteleginsia :
a.Pengalaman ,belajar
b.Latihan dan lingkungan.
c.Kondisi keluarga.
Dari itu dalam pendidikan sebaiknya dilakukan pengelompokan,  sesuai dengan intelegensia individu, anak ideot jangan dicampur dengan anak cerdas, dll.  


1.Perkembangan sosial. Perkembangan ini terjadi akibat dari kebutuhan hidup, remaja mulai memperhatikan  sistem tata pergaulan di tengah masyarakat.
2.Pemahaman itu dibutuhkan norma yang mengatur tata nilai pergaulan.
3.Perkembangan sosial remaja dipengaruhi oleh
a.Kondisi keluarga,
b.Kematangan anak.
c.Status sosial ekonomi keluarga.
d.Pendidikan dan mental (emosi dan intelek)


1.Proses penyesuaian diri  berpengaruh pada tingka  laku, dan ini disebut hubungan sosial remaja.
2.Kita temukan remaja keras, remaja mengesolasi diri, remaja egois dsb.
3.Bhs adalah alat untuk bermasyarakat, perkembangan bahasa dipengaruhi oleh :
a.Usia anak.
b.Kondisi keluarga.
c.Tingkat kecerdasan.
d.Status sosial dan ekonomi.
e. kondisi fisik.
f.Kesehatan.


1.Bakat adalah aspek yang harus  menjadi perhatian. Pertumbuhan dan perkembangan  individu dapat dibantu melalui bakat. BAKAT  adalah sipat atau kemampuan potensi yang dimiliki seseorang dan bisa berkembang dengan baik jika
a.Mendapat rangsangan yang tepat.
b.Faktor dari dalam diri anak.
c.Faktor keluarga.
2.Tidak samanya bakat manusia, akibat dari  kondisi individu yang berbeda, lingkungan yang berbeda pula.
3 .Cara lain dalam pengembangan intlek adalah, diskusi, sandiwara, rekreasi, penemuan dan penelitian,  latihan pemecahan masalah,  belajar kelompok.
4.Bakat husus  dapat dikembangkan bila, ada rangsangan, ada motivasi, serta lingkungan yang kondusif.


Jawablah soal berikut ini :
1.Untuk apa dilakukan test Intelegensia. ?
2. Faktor apa saja yang membuat tingkat intelek manusia tidak sama ?
  3. jelaskan kesulitan remaja dalam rangka penyesuaian diri ditengah masyarakat ?  Mengapa remaja membuat kelompok atau gang ?
4. Jelaskan korelasi kemampuan berbahasa dan perkembangan intelek ?
  mat latihan yo.

BAKAT KHUSUS.5

PENGERTIAN  BAKAT HUSUS.
1.Menurut  william B michail,  bakat husus adalah kemampuan individu menyelesaikan tugas, dan sebelumnya tidak ada pelatihan.
2.Menurut Bingham, seperangkat sipat  yang dianggab sebagai tanda kemampuan individu untuk menerima latihan, misalnya, misalnya respon berbahasa,  musik dsb.
3.Menurut Guilford ada tiga demensi bakat :
a.Demensi perseptual,  Kepekaan Indra, Perhatian, Orentasi Waktu, Luasnya daerah persepsi,  Kecepatan Persepsi.
b.Deminsi Psikomotor ,  kekuatan,  kecepatan gerak, ketelitian,koordinasi, luwes atau flexibel.
c. Demensi Intelektual,   faktor ingatan mengenali, ingatan terhadap informasi, golongan, hubungan, bentuk dan kesimpulan.

1. FAKTOR EVALUATIF. Identitas, relasi, sistem, problem.
2. FAKTOR BERFIKIR KONVERGEN,  nama,nama,  hubungan2, sistem 2,tranformasi, implikasi
3 faktor berfikir DIVERGEN, MENGHASILKAN UNIT, PENGALIHAN SECARA SPONTAN, KELANCARAN MENGHASILKAN HUBUNGAN. DLL.
Jika demikian maka, bakat husus, adalah kemampuan seseorang memperoleh pengetahuan atau keterampilan, atau talenta seseorang (conny semiawan 1987 :2)
FAKTOR YANG MEMPENGARUHI BAKAT Husus.:
1.Anak kurang brminat.
2.Lingkungan yang tidak mendukung.
Masalah bakat, setiap individu tidak sama, tergantung jenis dan kualitas, contoh anak  intlek dia hanya punya bakat  menonjol dalam belajar. Ada anak biasa, tapi unggul dalam berfikir, kreatif bahkan produktif.

Sebaiknya orang tu atau guru, mampu mengenai bakat husus sang anak, guna memahami karakter anak, untuk dikembangkan , anak yang punya bakat husus perlu dibantu dan dirangsang, agar bakat tumbuh dan bermanfaat
1.KONDISI YANG dapat MEMUPUK BAKAT.
A.Pendidik menerima anak apa adanya.
B.Pendidik mengusahakan suasana dimana anak tidak merasa dinilai atau ditekan.
C.Pendidik dapat memberikan pengertian, memahami tingka laku, fikiran, perasaan sang anak.
Orang tua dan guru memberikan kebebasan, dalam mengungkapkan perasaan. Sehingga kita dapat menarik kesimpulan, anak tersebut punya bakat husus dan dapat dikembangkan


Manusia tumbuh dalam lingkungan, bentuk lingkungan itu ada dua :
1 .lingkungan fisik.
2. Lingkungan sosial. Lingkungan ini banyak memberikan andil dalam pembentukan watak, aspek kehidupan.
FAKTOR PENGARUH PERKEMBANGAN SOSIAL
1.KELUARGA.
2.KEMATANGAN.
3.STATUS SOSIAL DAN EKONOMI.
4. TINGKAT PENDIDIKAN.
5. KEMAMPUAN MENTAL,EMOSI DAN INTLEK.


1. Perkembangan bahasa.
a.Pada bayi bahasa yang digunakan, meraba, suara atau bunyi tanpa arti, berkembang anak akan meniru dan mengulang, kemudian bertanya dan berucap, alat bahasa, bicara, tulis atau isarat.
b.Pada remaja, bahasa disesuaikan dengan pergaulan sebaya, namun pengaruh bahasa dirumah, memainkan peran penting, sehingga akan sangat mementukan bentuk dan cara berucap.



 FAKTOR YANG MEMPENGARUHI BHS.
1 umur, semakin matang jiwa seseorang , bahasa akan menjadi baik, sejalan dngan pengalaman.
2.Lingkungan.
3. Kecerdasan.
4. Statussosial ekonomi,  karena bahasa berasal dari lingkungan, maka sistem meniru lingkungan berpengaruh pada cara berbahasa.
5. Kondisi fisik. Anak yang cacat alat komunikasi, akan sangat mengganggu perkembangan  dalam berbahasa atau berkomunikasi.
Karena bahasa adalah kekayaan lingkungan, maka proses meniru menimbulkan pengayaan dalam bahasa,  bahasa juga sangat dipengaruhi oleh tingkat kecerdasan. Dan pengulangan.



Cara pengembangan bahasa di pendidikan.
1. Dilakukan pengulangan, contoh menceritakan kembali pelajaran yang lalu, dimasikkan unsur bahasa yang digunakan anak didik, agar dimengerti , difahami oleh eserta didik.
2. Guru berupaya menambah perbendaharaan  bahasa anak didik, , bahasa lingkungan dipilih secara baik dan apik, sehingga pelajaran, akan mampu disusun lagi oleh siswa secara baik dan benar, hal ini dapat dilakukan dalam bentuk cerita tutur, dengan anekdot yang mengandung nilai moral dan mendidik.



oke jadilah dulu yo
   sampai jumpo minggu depan