BAB VIII
MANUSIA DAN LINGKUNGAN
A. PENGERTIAN MANUSIA DAN LINGKUNGAN
1. Pengertian manusia
Manusia adalah makhluk hidup ciptaan tuhan dengan segala fungsi dan potensinya yang tunduk kepada aturan hokum ala, mengalami kelahiran, pertumbuhan, perkembangan dan mati, dan seterusnya, serta terkait serta berinteraksi dengan alam dan lingkungannya dalam sebuah hubungan timbale balik baik itu positif maupun negative.
2. pengertian lingkungan
Lingkungan adalah suatu media dimana makhluk hidup tinggal, mencari penghidupannya, dan memilki karakter serta ungsi yang khas yang mana terkait secara timbale balik dwengan keberadaan makhluk hidup yang menempatinya, terutama manusia yang memiliki sarana yang lebih kompleks dan reel.
B. KORELASI ANTARA MANUSIA DENGAN LINGKUNGAN
1. pengertian ekologi
“Ekologi ialah ilmu yang mempelajari hubungan timbale balik antara manusia dengan lingkungannya”, maka kita dapat mengambil sudut pndang ekologi untuk membahas kajian manusia dan lingkungan dengan disokong oleh segi kepentingan manusia, yaitu untuk manusia. Pendekatan ini disebut pendekatan antroposentris, anthropos berarti manusia. Ada ilmu yang disebut sosiologis manusia, dan ada ilmu ekologi manusia.
2. lingkungan hidup manusia
Manusia hidup, tumbuh, dan berkembang dalam lingkungan alam dan social-. Budayanya. Dalam lingkungan alamnya manusia hidup dalam sebuah ekosistem yang kini suatu unit atau satuan fungsional dari makhluk-makhluk hidup dengan lingkungnnya. Dalam ekosistem terdapat komponen biotic dan abiotik. Komponen biotic pada umumnya merupakan factor lingkungn yang mempengaruhi makhluk-makhluk hidup diantaranya:
Ø Tanah yang merupakan tempat tumbuh bagi tumbuh-tumbuhan, dimana tumbuhan memperoleh bahan-bahan makanan atau mineral-mineral untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, karena ini juga merupakan tempat tinggal manusia dan hewan-hewan
Ø Udara atau gas-gas yang membentuk atmosfer. Oksigennya diperlukan untuk bernaas, gas karbondioksidanya diperlukan tumbuhan untuk memproses fotosintesis
Ø Air, baik sebagai tempat tinggal makhluk-makhluk hidup yang tinggaldidalam air, maupun air yang berbentuk sebagai uap yang menentukan kelembaban dari udara, yang besar pengaruhnya bagi banyaknya makhluk hidup yang hidup didarat
Ø Cahaya, terutama cahaya matahari banyak mempengaruhi keadaan makhluk-makhluk hidup
Ø Suhu atau temperature, merupakan juga factor lingkungan yang sering besar pengaruhnya terhadap kebanyakan makhluk-Mkhluk hidup
komponen biotic diantaranya adalah:
Ø Produsen, kelompok inilah yang merupakan makhlik hidup yang dapat menghasilkan makanan dari zat-zat anorganik, umumnya merupakan makhlik-makhluk hidup yang dapat melakukan proses fotosintesis.
Ø Konsumen, merupakan kelompok makhluk hidup yang menggunakn atau makanan zat-zat organic atau makanan yang dibuat oleh produsen
Ø Penguraian adalah makhluk hidup atau organisme yang mengurangkan sisa-sisa atau makhluk hidup yang sudah mati
Lingkungan terdapat actor-faktor berikut ini :
Ø Rantai makanan yakni siklus makanan antara produsen, konsumen, dan penguraian baik didarat, laut, maupun udara.
Ø Habitat dimana setiap jenis mahluk hidup memiliki tempat hidup tertentu, dengan keadaan-keadan tertentu.
Ø Populasi, menurut batasan dalam ekologi populasi adalah jumlah seluruh individu dari jenis species yang sama pada suatu tempat atau daerah tertentu dalam suatu waktu tertentu.
Ø Komunitas semua populasi dari semua jenis mahluk hidup yang salng berinteraksi disuatu daerah disebut komunitas
Ø Biosfer, komunitas bersama-sama dengan factor-faktor abiotik ditempatnya membentuk ekosistem
C. PENGARUH MANUSIA ALAM LINGKUNGAN HIDUPNYA
Perubahan alam lingkungan hidup manusia akan berpengaruh baik secara positi ataupun secara negative. Karena manusi mendapatkan keuntunga dari perubahan tersebut dan berpengaruh tidak baik karena dapat mengurangi kemampuan alam ligkungan hidupnya untuk menyokong hidupnya.
D. SUMBER ALAM
Sumber alam dapat digolongkan kedalam dua bagian yang kini :
Ø Sumber alam yang dapat diperbaharui ( Renewable Reseourcess ) atau disebut pula sumber-sumber alam biotic. Yang tergolong kedalm sumber ala mini adalah semua mahluk hidup, hutan, hewn-hewan, dan tumbuh-tumbuhan
Ø Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui ( Non Renewable Reseourcess ) atau disebut pula disebut golongan sumber abiotik. Yang tergolong kedalam sumber alam abiotik adalah tanah, air, bahan-bahan galian, mineral, dan bahan-bahan tmbang lainnya.
a) Pertanian dan Tanah
Tanah permukaan ( Top Soil ) Mengandung kadar unsure-unsur bahan makanan yang begitu tinggi dan siap digunakan oleh tanaman.
b) Hutan
Kalau kita tinjau dari segi peranan hutan, maka hutan dapat digolongkan kedalam dua golongan yang kini : Hutan pelindung, merupakan hutan yang sengaja ditiadakan untuk melindungin tanah dari erosi, kehilangan humus, dan air tanah. Golongan kedua adalah hutan penghasil atau hutan produksi, yaitu hutan yang disengaja ditanami jenis-jenis kayu yang dapat dipungut hasilnya,misalnya hutan pinus,dammar, dan sebagainya
c) Air
Air sebagai sebagai salah satu sumber alam yang terdapat dimana-mana di bumi, disungai, di danau, di lautan, di bawah tanah dan udara sebagai uapair yang kesemuanya meliputi 4/5 bagian seluruh permukaan bumi
d) Bahan Tambang
Bahan tambang adalah sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui maka dari itu kita harus menemukan cara untuk mengunakannya setepat dan sehemat mungkin.
E. PERMASALAHAN-PERMASALAHAN YANG TIMBUL
1. Masalah Erosi dan Banjir
Erosi merupakan gejala alamiah dan sering kali pula disebut sebagai erosi geologi. Peristiwa erosi terjadi secara perlahan-lahan terutama terjadi dengan bantuan media air disungai yang mengikis dasar dan tepi sungai
2. Pencemaran Lingkungan
a) Pencemaran Tanah
Pencemaran yang disebabkan oleh industri pertanian yang menggunakan pupuk buatan berlebihan yang menyebabkan pencemaran tanah
b) Pencemaran Air
Pencemaran air dapat melalui limbah limbah pabrik, terkena pestisida, herbisida, dan insektisida yang digunakan manusia dalam pertania dan sebagainya.
c) Pencemaran Udara
Pencemaran udara terjadi saat komponenudara berada dalam jumlah diambang batas normal dan membahayakan lingkungan,
d) Pencemaran Suara
Kebisingan yang dikeluarkan oleh mesin-mesin atau kendaraan-kendaraan yang jumlahnya semakin menngkat secara tidak terkontrol.sangat berbahaya bagi manusi karena dapat mengakibatkan ketulian, kebutaan, dan depresi
3. Kehutanan
Hutan merupakan kekayaan Indonesia yang tidak ternilai harganya.Sepanjang daerah khatulistiwa, hutan di Indonesia membentang diantara satu pulau kepulau lainnya.
Usaha-usaha yang dilakukan pemerintah untuk melakukan produksi hutan antara lain
a) Melarang penebangan kayu tanpa izin dari pemerintah ( Dep. Kehutanan )
b) Mencabut izin pengusaha HPH yang melanggar peraturan
c) Menebang hutan secara selektif
F. IPTEK DAN KELESTARIAN HIDUP
1) Pandangan Baru Terhadap Lingkungan
Pada Tahun 1970-an dan 1980-an, masalah lingkungan hidup semakin meluas.hal ini berkaitan dengan meningkatnya atmosfer bumi sebagai tidak terkendalinya efek rumah kaca.Pemanasan Global pada tiga dekade akhir abad ke-20 telah menimbulkan :
a. Peningkatan suhu
b. Perubahan Iklim terutama curah hujan
c. Peningkatan intensitas dan kualitas badai
d. Kenaikan suhu serta permukaan air laut
Hal ini menyebabkan sebagian besar wilayah di dunia sering terjadi bencana dan para ahli juga telah menemukan lubang pada lapisan ozon disekitar antartikan yang menyebabkan sinar ultra violet yang berbahaya bagi kehidupan manusia masuk ke troposfer
2) Dampak Perkembangan Dan Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Serta Perubahan Sosial Ekonomi Terhadap Masalah Lingkungan Hidup
a) Dampak positif bagi lingkungan hidup
Bidang Industri
Diperluasnya lapangan kerja dengan berdirinya industrei atau pabrik baru
Perkembangan industri bertambah baik misalnya dengan penelitian dan pengembangan dibidan industri transportasi, elektronika, dan industri rekayasa
Berkembangnya tanaman sebagai bahan baku industri ( kapas untuk industri tekstil, kayu sengon, dan vinus untuk industri kertas )
Diciptakannya mesin daur ulang, sehingga sampah sebagai sumber pencemaran
Bidang Pertanian
Bertambahnya Farietas baru dan unggul
Peningkatan hasil produksi pertanian
Dikinal dan dipakainnya alat-alat pertanian modern
Dikenalnya system pempupukan dan obat-obat hama
Pemberantasan hama dengan pesawat terbang diperkebunan
b) Dampak Negatif bagi lingkungan hidup
Bidang lingkungan alam
Lahan pertanian,perkebunan,pertenakan,an kehutanan semakin sempit karena di bangun banyak perumhan
Rusaknya lingkungan alam karena dibangunya industri atau pabrik
Terjadinya banjir dan erosi Karen penebangan hutan tidak terkendali(al illegal loging)
Terjadinya pencemaran udara akibat pembakara hutan yang menghasilkan CO2 dan CO
Terjadinya air dari buangan limba industri
Terjadinya pencemaran udar dari asap-asap industri,mobil,dan kendarnaan bermotor
Terjadinya pencemaran tanah dan bau dan sampah-sampah industri dan rumah tangga
G. MANUSIA DENGN LINGKUNGAN SOSIAL BUDAYA
Alam semesta yang di kenal manusia baik melaui indarwi langsung maupun dengan menggunakan media teknologi dan kemampuan prediksiny adalah ciptaan tuhan Al-Khaliq,bahkan semesta alam(selain alm semesta yang sudah dikenal manusia)termaksud alam yyang belum dikenal manusia serta alam yang sedang dalam proses kejadianya,semuanya adalah ciptaan Al-Khaliq pula,semua yang ada adalah ciptaan-Nya.
Kecerdasan-kecerdasan diatas sesuai dengan pontensi dan perkembangan otak manusia,dimana menurut jajian medis(Gazzaniga,Perry,Le Doux,Festinger:1985)menytakan bahwa:
• Setiap anak memiliki 100-200 milir sel otak yang siap mengembangkn beberapa triliun inpormasi
• 7 bulan dalam kandungan bereksi terhadap rangsangan bunyi
• Baru lahir menunjukan reaksi emosi
• Otak berkambang dan menyimpan setiap rangsangan
• Volum otak =
• Sel otak tidak bertambah tapi mempunyai pikiran untuk bercabang dan membuat ranting
• Bila dipakai cabang dan ranting itu semakin rimbun, bila tidak dipakai akan mati
• Pertumbuhan otak juga bergantug gizi
• Tergantung bagai mana otak deprogram ( rangsangan ) sentuhan, pelukan, gendongan
1. Paham kosmogini.
2. Paham Determinisme.
3. Paham Posibilisme yang menyatakan bahwa alam bukan merupakan factor yang menentukan melainkan menjadi factor pengontro.
4. Paham optimisme teknologi.
5. Paham ketuhanan.
L. Sill menyatakan bahwa problema lingkungan itu ada lima yaitu :
1) Prejude ( Purba sangka )
2) ( Perdamaian )
3) Peace Population ( Penduduk )
4) Poverty ( Kemiskinan )
5) Polluition ( Pencemaran )
Ada beberapa teori yang berbeda untuk memulai dari mana menyelesaikan problema social tersebut, teori-teori tersebut adalah :
1) Teori MODERNISASI : Mengangap kualitas hidup manusia ditentukan kareakter mental fisikologis dan social budayanya sendiri
2) Teor HUMAN CAPITAL ( Pengembangan SDM ) Memandang bahwa lingkungan social tergantung penguasaan iptek warga masyarakat disamping mental, pisikologis, dan social budaya
3) Teoro DEPENDENCY ( Ketergantungan ) Yang mengatakan bahwa keterbelakangan disebabkan eksploitasi pihak luar, oleh krena itu lingkungan social harus dilakukan atas dasar kemampuan sendiri
4) Teoro DETERMINISME GEOGRAFI yang memandang bahwa kondisi lingkungan geografis menentukan corak dan kualitas hidup masyarakat ( Sudardja Adjwikarta : 1998 )
MANUSIA DAN LINGKUNGAN
A. PENGERTIAN MANUSIA DAN LINGKUNGAN
1. Pengertian manusia
Manusia adalah makhluk hidup ciptaan tuhan dengan segala fungsi dan potensinya yang tunduk kepada aturan hokum ala, mengalami kelahiran, pertumbuhan, perkembangan dan mati, dan seterusnya, serta terkait serta berinteraksi dengan alam dan lingkungannya dalam sebuah hubungan timbale balik baik itu positif maupun negative.
2. pengertian lingkungan
Lingkungan adalah suatu media dimana makhluk hidup tinggal, mencari penghidupannya, dan memilki karakter serta ungsi yang khas yang mana terkait secara timbale balik dwengan keberadaan makhluk hidup yang menempatinya, terutama manusia yang memiliki sarana yang lebih kompleks dan reel.
B. KORELASI ANTARA MANUSIA DENGAN LINGKUNGAN
1. pengertian ekologi
“Ekologi ialah ilmu yang mempelajari hubungan timbale balik antara manusia dengan lingkungannya”, maka kita dapat mengambil sudut pndang ekologi untuk membahas kajian manusia dan lingkungan dengan disokong oleh segi kepentingan manusia, yaitu untuk manusia. Pendekatan ini disebut pendekatan antroposentris, anthropos berarti manusia. Ada ilmu yang disebut sosiologis manusia, dan ada ilmu ekologi manusia.
2. lingkungan hidup manusia
Manusia hidup, tumbuh, dan berkembang dalam lingkungan alam dan social-. Budayanya. Dalam lingkungan alamnya manusia hidup dalam sebuah ekosistem yang kini suatu unit atau satuan fungsional dari makhluk-makhluk hidup dengan lingkungnnya. Dalam ekosistem terdapat komponen biotic dan abiotik. Komponen biotic pada umumnya merupakan factor lingkungn yang mempengaruhi makhluk-makhluk hidup diantaranya:
Ø Tanah yang merupakan tempat tumbuh bagi tumbuh-tumbuhan, dimana tumbuhan memperoleh bahan-bahan makanan atau mineral-mineral untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, karena ini juga merupakan tempat tinggal manusia dan hewan-hewan
Ø Udara atau gas-gas yang membentuk atmosfer. Oksigennya diperlukan untuk bernaas, gas karbondioksidanya diperlukan tumbuhan untuk memproses fotosintesis
Ø Air, baik sebagai tempat tinggal makhluk-makhluk hidup yang tinggaldidalam air, maupun air yang berbentuk sebagai uap yang menentukan kelembaban dari udara, yang besar pengaruhnya bagi banyaknya makhluk hidup yang hidup didarat
Ø Cahaya, terutama cahaya matahari banyak mempengaruhi keadaan makhluk-makhluk hidup
Ø Suhu atau temperature, merupakan juga factor lingkungan yang sering besar pengaruhnya terhadap kebanyakan makhluk-Mkhluk hidup
komponen biotic diantaranya adalah:
Ø Produsen, kelompok inilah yang merupakan makhlik hidup yang dapat menghasilkan makanan dari zat-zat anorganik, umumnya merupakan makhlik-makhluk hidup yang dapat melakukan proses fotosintesis.
Ø Konsumen, merupakan kelompok makhluk hidup yang menggunakn atau makanan zat-zat organic atau makanan yang dibuat oleh produsen
Ø Penguraian adalah makhluk hidup atau organisme yang mengurangkan sisa-sisa atau makhluk hidup yang sudah mati
Lingkungan terdapat actor-faktor berikut ini :
Ø Rantai makanan yakni siklus makanan antara produsen, konsumen, dan penguraian baik didarat, laut, maupun udara.
Ø Habitat dimana setiap jenis mahluk hidup memiliki tempat hidup tertentu, dengan keadaan-keadan tertentu.
Ø Populasi, menurut batasan dalam ekologi populasi adalah jumlah seluruh individu dari jenis species yang sama pada suatu tempat atau daerah tertentu dalam suatu waktu tertentu.
Ø Komunitas semua populasi dari semua jenis mahluk hidup yang salng berinteraksi disuatu daerah disebut komunitas
Ø Biosfer, komunitas bersama-sama dengan factor-faktor abiotik ditempatnya membentuk ekosistem
C. PENGARUH MANUSIA ALAM LINGKUNGAN HIDUPNYA
Perubahan alam lingkungan hidup manusia akan berpengaruh baik secara positi ataupun secara negative. Karena manusi mendapatkan keuntunga dari perubahan tersebut dan berpengaruh tidak baik karena dapat mengurangi kemampuan alam ligkungan hidupnya untuk menyokong hidupnya.
D. SUMBER ALAM
Sumber alam dapat digolongkan kedalam dua bagian yang kini :
Ø Sumber alam yang dapat diperbaharui ( Renewable Reseourcess ) atau disebut pula sumber-sumber alam biotic. Yang tergolong kedalm sumber ala mini adalah semua mahluk hidup, hutan, hewn-hewan, dan tumbuh-tumbuhan
Ø Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui ( Non Renewable Reseourcess ) atau disebut pula disebut golongan sumber abiotik. Yang tergolong kedalam sumber alam abiotik adalah tanah, air, bahan-bahan galian, mineral, dan bahan-bahan tmbang lainnya.
a) Pertanian dan Tanah
Tanah permukaan ( Top Soil ) Mengandung kadar unsure-unsur bahan makanan yang begitu tinggi dan siap digunakan oleh tanaman.
b) Hutan
Kalau kita tinjau dari segi peranan hutan, maka hutan dapat digolongkan kedalam dua golongan yang kini : Hutan pelindung, merupakan hutan yang sengaja ditiadakan untuk melindungin tanah dari erosi, kehilangan humus, dan air tanah. Golongan kedua adalah hutan penghasil atau hutan produksi, yaitu hutan yang disengaja ditanami jenis-jenis kayu yang dapat dipungut hasilnya,misalnya hutan pinus,dammar, dan sebagainya
c) Air
Air sebagai sebagai salah satu sumber alam yang terdapat dimana-mana di bumi, disungai, di danau, di lautan, di bawah tanah dan udara sebagai uapair yang kesemuanya meliputi 4/5 bagian seluruh permukaan bumi
d) Bahan Tambang
Bahan tambang adalah sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui maka dari itu kita harus menemukan cara untuk mengunakannya setepat dan sehemat mungkin.
E. PERMASALAHAN-PERMASALAHAN YANG TIMBUL
1. Masalah Erosi dan Banjir
Erosi merupakan gejala alamiah dan sering kali pula disebut sebagai erosi geologi. Peristiwa erosi terjadi secara perlahan-lahan terutama terjadi dengan bantuan media air disungai yang mengikis dasar dan tepi sungai
2. Pencemaran Lingkungan
a) Pencemaran Tanah
Pencemaran yang disebabkan oleh industri pertanian yang menggunakan pupuk buatan berlebihan yang menyebabkan pencemaran tanah
b) Pencemaran Air
Pencemaran air dapat melalui limbah limbah pabrik, terkena pestisida, herbisida, dan insektisida yang digunakan manusia dalam pertania dan sebagainya.
c) Pencemaran Udara
Pencemaran udara terjadi saat komponenudara berada dalam jumlah diambang batas normal dan membahayakan lingkungan,
d) Pencemaran Suara
Kebisingan yang dikeluarkan oleh mesin-mesin atau kendaraan-kendaraan yang jumlahnya semakin menngkat secara tidak terkontrol.sangat berbahaya bagi manusi karena dapat mengakibatkan ketulian, kebutaan, dan depresi
3. Kehutanan
Hutan merupakan kekayaan Indonesia yang tidak ternilai harganya.Sepanjang daerah khatulistiwa, hutan di Indonesia membentang diantara satu pulau kepulau lainnya.
Usaha-usaha yang dilakukan pemerintah untuk melakukan produksi hutan antara lain
a) Melarang penebangan kayu tanpa izin dari pemerintah ( Dep. Kehutanan )
b) Mencabut izin pengusaha HPH yang melanggar peraturan
c) Menebang hutan secara selektif
F. IPTEK DAN KELESTARIAN HIDUP
1) Pandangan Baru Terhadap Lingkungan
Pada Tahun 1970-an dan 1980-an, masalah lingkungan hidup semakin meluas.hal ini berkaitan dengan meningkatnya atmosfer bumi sebagai tidak terkendalinya efek rumah kaca.Pemanasan Global pada tiga dekade akhir abad ke-20 telah menimbulkan :
a. Peningkatan suhu
b. Perubahan Iklim terutama curah hujan
c. Peningkatan intensitas dan kualitas badai
d. Kenaikan suhu serta permukaan air laut
Hal ini menyebabkan sebagian besar wilayah di dunia sering terjadi bencana dan para ahli juga telah menemukan lubang pada lapisan ozon disekitar antartikan yang menyebabkan sinar ultra violet yang berbahaya bagi kehidupan manusia masuk ke troposfer
2) Dampak Perkembangan Dan Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Serta Perubahan Sosial Ekonomi Terhadap Masalah Lingkungan Hidup
a) Dampak positif bagi lingkungan hidup
Bidang Industri
Diperluasnya lapangan kerja dengan berdirinya industrei atau pabrik baru
Perkembangan industri bertambah baik misalnya dengan penelitian dan pengembangan dibidan industri transportasi, elektronika, dan industri rekayasa
Berkembangnya tanaman sebagai bahan baku industri ( kapas untuk industri tekstil, kayu sengon, dan vinus untuk industri kertas )
Diciptakannya mesin daur ulang, sehingga sampah sebagai sumber pencemaran
Bidang Pertanian
Bertambahnya Farietas baru dan unggul
Peningkatan hasil produksi pertanian
Dikinal dan dipakainnya alat-alat pertanian modern
Dikenalnya system pempupukan dan obat-obat hama
Pemberantasan hama dengan pesawat terbang diperkebunan
b) Dampak Negatif bagi lingkungan hidup
Bidang lingkungan alam
Lahan pertanian,perkebunan,pertenakan,an kehutanan semakin sempit karena di bangun banyak perumhan
Rusaknya lingkungan alam karena dibangunya industri atau pabrik
Terjadinya banjir dan erosi Karen penebangan hutan tidak terkendali(al illegal loging)
Terjadinya pencemaran udara akibat pembakara hutan yang menghasilkan CO2 dan CO
Terjadinya air dari buangan limba industri
Terjadinya pencemaran udar dari asap-asap industri,mobil,dan kendarnaan bermotor
Terjadinya pencemaran tanah dan bau dan sampah-sampah industri dan rumah tangga
G. MANUSIA DENGN LINGKUNGAN SOSIAL BUDAYA
Alam semesta yang di kenal manusia baik melaui indarwi langsung maupun dengan menggunakan media teknologi dan kemampuan prediksiny adalah ciptaan tuhan Al-Khaliq,bahkan semesta alam(selain alm semesta yang sudah dikenal manusia)termaksud alam yyang belum dikenal manusia serta alam yang sedang dalam proses kejadianya,semuanya adalah ciptaan Al-Khaliq pula,semua yang ada adalah ciptaan-Nya.
Kecerdasan-kecerdasan diatas sesuai dengan pontensi dan perkembangan otak manusia,dimana menurut jajian medis(Gazzaniga,Perry,Le Doux,Festinger:1985)menytakan bahwa:
• Setiap anak memiliki 100-200 milir sel otak yang siap mengembangkn beberapa triliun inpormasi
• 7 bulan dalam kandungan bereksi terhadap rangsangan bunyi
• Baru lahir menunjukan reaksi emosi
• Otak berkambang dan menyimpan setiap rangsangan
• Volum otak =
• Sel otak tidak bertambah tapi mempunyai pikiran untuk bercabang dan membuat ranting
• Bila dipakai cabang dan ranting itu semakin rimbun, bila tidak dipakai akan mati
• Pertumbuhan otak juga bergantug gizi
• Tergantung bagai mana otak deprogram ( rangsangan ) sentuhan, pelukan, gendongan
1. Paham kosmogini.
2. Paham Determinisme.
3. Paham Posibilisme yang menyatakan bahwa alam bukan merupakan factor yang menentukan melainkan menjadi factor pengontro.
4. Paham optimisme teknologi.
5. Paham ketuhanan.
L. Sill menyatakan bahwa problema lingkungan itu ada lima yaitu :
1) Prejude ( Purba sangka )
2) ( Perdamaian )
3) Peace Population ( Penduduk )
4) Poverty ( Kemiskinan )
5) Polluition ( Pencemaran )
Ada beberapa teori yang berbeda untuk memulai dari mana menyelesaikan problema social tersebut, teori-teori tersebut adalah :
1) Teori MODERNISASI : Mengangap kualitas hidup manusia ditentukan kareakter mental fisikologis dan social budayanya sendiri
2) Teor HUMAN CAPITAL ( Pengembangan SDM ) Memandang bahwa lingkungan social tergantung penguasaan iptek warga masyarakat disamping mental, pisikologis, dan social budaya
3) Teoro DEPENDENCY ( Ketergantungan ) Yang mengatakan bahwa keterbelakangan disebabkan eksploitasi pihak luar, oleh krena itu lingkungan social harus dilakukan atas dasar kemampuan sendiri
4) Teoro DETERMINISME GEOGRAFI yang memandang bahwa kondisi lingkungan geografis menentukan corak dan kualitas hidup masyarakat ( Sudardja Adjwikarta : 1998 )
Sekian dan terimakasih
SEMOGA CEPAT
BERHASIL.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar